"Spread goodness, Inspiring others. Be a leading future :)"

Pengalaman Penulis di Kementerian Pengabdian Masyarakat, BEM KEMA Telkom University 2017 (1)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hai pembaca, apa kabar?
Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT ya, Aamiin Yarabbal ‘Alamiin.

Pada minggu sebelumnya, penulis telah menjelaskan beberapa hal tentang Pentingnya Berorganisasi bagi Mahasiswa.
Nah pada kesempatan kali ini, penulis akan menyampaikan tentang Pengalaman Penulis di Kementerian Pengabdian Masyarakat BEM KEMA Telkom University 2017.

Liburan semester 2 akan usai, dan diawal semester ganjil kampus akan kedatangan mahasiswa baru. Kedatangan mahasiswa baru tersebut disambut dengan diadakannya PKKMB tahun 2017. Didalam PKKMB 2017 ada banyak kegiatan positif dan perubahan agenda dari tahun sebelumnya. Salah satu kegiatannya adalah Pengabdian Masyarakat yang tahun ini diselenggarakan melalui Kementerian Pengabdian Masyarakat, BEM KEMA Telkom University 2017.

Perjalanan Menyusuri Wilayah Kawasan Kampus. Bersama Menteri Pengeabdian Masyarakat dan Menteri Lingkungan Hidup. Dokumentasi pribadi, diambil pada 12 Juli 2017 pukul 11.40.

Perjalanan Menyusuri Wilayah Kawasan Kampus. Bersama Menteri Pengabdian Masyarakat dan Menteri Lingkungan Hidup. Dokumentasi pribadi, diambil pada 12 Juli 2017 pukul 11.40.

Dalam rangka mensukseskan kegiatan tersebut, maka sejak jauh-jauh hari BEM KEMA telah bersiap mengatur seluruh agenda yang berada didalamnya. Mulai dari kerjasama antar Kementerian dan Menteri Koordinasi, Kemahasiswaan, serta seluruh elemen masyarakat kawasan kampus.

Salah satu hal yang cukup kompleks adalah kerjasama dengan elemen masyarakat kawasan sekitar kampus, dimana seluruh anggota BEM KEMA melalui Kementerian Pengabdian Masyarakat harus turun langsung memasuki pemukiman penduduk untuk menginformasikan dan mempersiapkan masyarakat agar kawasan yang dilalui dapat digunakan dengan baik. Dimulai dari RT, RW, Kepala Desa hingga Kelurahan didatangi untuk melakukan koordinasi secara terpusat agar dapat terkontrol dengan baik.

Penulis turut berkontribusi untuk membantu terselenggaranya PKKMB 2017 dengan mencari dan mendatangi rumah-rumah RT dan RW untuk berkomunikasi melakukan izin kerja sama kepada masyarakat. Hal ini menurut penulis cukup kompleks, karena setiap wilayah memiliki beberapa RT dan RW yang kadang belum dapat bertemu secara langsung.

Melalui pengalaman ini, penulis menjadi tahu bahwa untuk menyusun sebuah agenda dibutuhkan banyak hal yang saling mendukung satu sama lain. Oleh karena itu, pendekatan kepada setiap orang dan masyarakat menurut penulis adalah sangat penting untuk mempermudah segala kebutuhan. Manusia hakikatnya adalah sebagai makhluk sosial yang pasti saling membutuhkan. Mengingat pentingnya hal tersebut, yuk perluas jaringan melalui masyarakat, teman, maupun sahabat 🙂

Semoga bermanfaat.

“Spread goodness, Inspiring others.”

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bandung, 14 Juli 2017

Penulis

Disusun untuk memenuhi tugas Kabinet Muda BEM KEMA Tel-U 2017

Kementrian Pengabdian Masyarakat, BEM KEMA Tel-U 2017

Muhammad Rizki Randy Pratama
S1 Teknik Telekomunikasi 2016
Fakultas Teknik Elektro
Telkom University

Jangan lupa tinggalkan komentar ya 🙂

*Diperbolehkan copy dengan seizin penulis terlebih dahulu!*

1 Comment

  1. AEthepecluch

    Four to five glasses of this fruit juice must be consumed per week to obtain the desired result. Core maca in the supplier energetix can be an herb that tests quite well for several males.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *