"Spread goodness, Inspiring others. Be a leading future :)"

Peran Mahasiswa dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hai pembaca, apa kabar?
Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT ya, Aamiin Yarabbal ‘Alamiin.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menyampaikan beberapa hal tentang Peran Mahasiswa dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Ada yang tau apa saja Peran Mahasiswa dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi itu?
Iyaa betul, wkwk.

Oke, penulis jelaskan yaa..

DSC_1747

Telkom University (Tel-U), merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang berbasis Teknologi Informasi (IT). Dokumentasi pribadi, diambil pada 3 Juni 2017 pukul 12.49

Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan Bangsa Indonesia (Ristekdikti, 29 Mei 2017).

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Sepanjang sejarah, mahasiswa di berbagai negara mengambil peran penting dalam sejarah suatu negara (Wikipedia, 29 Mei 2017).

Tridharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9).

Nah, itu tadi adalah penjelasan secara garis besarnya. Lalu apa hubungan diantara ketiganya?

Ketika seorang siswa biasa menjadi mahasiswa dalam sebuah perguruan tinggi, itu berarti ada banyak hal yang harus berubah. Mahasiswa dituntut tidak hanya untuk belajar, namun juga harus memiliki inovasi baru dan mampu berpartisipasi kepada masyarakat luas. Hal ini senada dengan yang terkandung dalam Tridharma (Ristekdikti, 29 Mei 2017), antara lain:

  1. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
  2. Penelitian adalah kegiatan yang dilakukan menurut kaidah dan metode ilmiah secara sistematis untuk memperoleh informasi, data, dan keterangan yang berkaitan dengan pemahaman dan/atau pengujian suatu cabang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Pengabdian Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Masih belum jelas?

Mahasiswa pada dasarnya memiliki tanggung jawab yang jauh lebih besar dari sebelumnya (siswa biasa), karena masa depan bangsa sangat bergantung pada generasi muda Indonesia. Siapakah generasi muda itu? Tentu saja seluruh masyarakat yang matang secara umur, intelektual dan kemampuan. Namun mahasiswa lebih dominan karena mereka memiliki lebih dari sekedar ilmu, yang siap untuk diimplementasikan menuju Indonesia yang lebih baik.

Lalu apa yang bisa  dilakukan mahasiswa untuk mewujudkan semua itu?

Berpedoman pada Tridharma, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Antara lain:

  1. Dalam Pendidikan, meningkatkan pengetahuan dengan mempelajari berbagai macam cabang ilmu. Mengembangkan diri dengan memanfaatkan seluruh fasilitas dan wadah yang disediakan oleh perguruan tinggi. Hal ini mencakup pembelajaran didalam (akademik) dan diluar kelas (himpunan, organisasi, unit kegiatan, dll). Tidak sekedar ilmu dunia, namun juga ilmu akhirat.
    Mengapa demikian? Karena yang dibutuhkan nanti tidak hanya kemampuan akademik, namun juga kemampuan pendukung. Kebutuhan yang ada nanti bisa jadi sangat dinamis. Jika kita memiliki pengalaman dibidang apapun, maka apapun yang dilakukan nanti akan menjadi mudah. Jika kita terbiasa menjadi pembelajar, maka kita akan mudah mempelajari apapun. Menjadi mudah, karena sudah terbiasa. Kemudian juga pelajarilah ilmu agama, karena segala hal yang tanpa dilandasi oleh agama bisa jadi akan menghancurkan. Seperti ungkapan “Ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh” (Albert Einstein, 1950). Jadilah manusia yang bermartabat, tidak hanya cerdas akalnya, namun juga mulia akhlaknya.
  2. Dalam Penelitian, melatih kemampuan analisis dengan menggunakan berbagai macam ilmu yang telah dipelajari, tidak terpaku pada fokus tertentu saja. Kritis terhadap segala hal, berani sejak muda, aktif hingga akhir hayat.
    Mengapa demikian? Karena manusia telah dianugerahkan akal yang begitu sempurna, alangkah baiknya apabila digunakan dengan optimal agar mampu manghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk umat. Penulis teringat ceramah ramadhan 1438H dalam kelas inspirasi Masjid Syamsu’ Ulum Telkom University yang disampaikan oleh Dr. Eng. Khoirul Anwar, ST, M. Eng. (Penemu & pemilik paten 4G, Asct. Prof., Fakultas Teknik Elektro, Telkom University), beliau menyampaikan “Di Indonesia hanya ada 90 orang peneliti per 1 juta penduduk, dibandingkan dengan Jepang ada 5000 per 1 juta penududuk. Jika suatu negara ingin maju dalam hal apapun, maka perbanyaklah penelitian, perbanyak pula jumlah penelitinya. Jangan takut untuk menjadi peneliti, karena hasil dari sebuah penelitian itu bisa jadi bermanfaat bagi seluruh umat dan bisa menjadi amal yang terus mengalir walaupun anda telah tiada didunia“. Kita tahu Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar, yaitu 258 Juta (Wikipedia, 30 Mei 2017). Jika setiap 1 juta orang ada 5000 peneliti, maka bisa dibayangkan betapa maju dan kuatnya republik ini.
  3. Dalam Pengabdian Masyarakat, melatih kepekaan sosial agar mampu membaur dengan masyarakat, mengasah cara berkomunikasi yang baik terhadap siapapun, mengetahui segala bentuk permasalahan yang ada, serta mampu memberikan solusi atas masalah tersebut menggunakan penelitian sebagai hasil dari pendidikan yang telah dilaksanakan.
    Mengapa demikian? Karena tujuan akhir mahasiswa adalah mampu menghasilkan perubahan yang lebih baik untuk masyarakat, bukan untuk kepentingan diri sendiri atau golongan. Jangan pikirkan bagaimana hidup kita saat ini, tapi pikirkan bagaimana kita hidup dimasa depan 5 hingga 20 tahun mendatang. Karena kita akan hidup dimasa depan sebagai ujung tombak kehidupan bangsa. Kita tidak bisa berharap banyak kepada masyarakat awam, justru merekalah yang sedang membutuhkan. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan menjadi pelopor untuk mewujudkan janji-janji kemerdekaan, melanjutkan semangat perjuangan pahlawan, serta menjadi pemimpin atas segala permasalahan, seperti ungkapan berikut “Indonesia memiliki banyak masalah, bukan karena banyaknya orang jahat. Tapi karena orang-orang baik memilih duduk diam dan mendiamkan. Mari kita sama-sama turun tangan.” (Anies Rasyid Baswedan, Ph.D., 27 April 2014). Kalau bukan kita, lalu siapa lagi? Kalau bukan sekarang, lalu kapan lagi? Yuk, sama-sama menjadi pelopor perubahan untuk masa depan yang jauh lebih baik :).

Bagaimana? Sudah jelas kan 🙂

Nah, sudah disampaikan secara mendalam bahwa mahasiswa memiliki peran yang sangat kompleks. Oleh karena itu jadilah lebih dari sekedar mahasiswa biasa, jadilah mahasiswa yang luar biasa.

Ada sedikit quotes dari penulis nih, semoga menambah semangat kuliahnya ya wkwk.

“Jatuh adalah hal yang biasa, yang luar biasa adalah bangkit dari setiap keterpurukan itu. Milikilah misi, milikilah semangat untuk terus berkarya menghadirkan perubahan yang jauh lebih baik. Karena masa depan adalah milik mereka yang percaya pada setiap keindahan mimpinya. Jadilah pemimpin, yang ikut turun tangan untuk saling menggerakkan. Jadilah sang bintang, yang tidak hanya cerdas akalnya, namun juga mulia aklhaknya. Be a leading future :).”

Semoga bermanfaat.

“Spread goodness, Inspiring others.”

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Bandung, 3 Juni 2017

Penulis

 

Disusun untuk memenuhi tugas Kabinet Muda BEM KEMA Tel-U 2017
Kementrian Pengabdian Masyarakat, BEM KEMA Tel-U 2017

Muhammad Rizki Randy Pratama
S1 Teknik Telekomunikasi 2016
Fakultas Teknik Elektro
Telkom University

 

Jangan lupa tinggalkan komentar ya 🙂

*Diperbolehkan copy dengan seizin penulis terlebih dahulu!*

41 Comments

  1. ransha

    izin ya kak buat tugas kuliah hehe

    • rizkirandy

      Boleh, silahkan ya 🙂

      • serly

        izin kak buat tugas kuliah:)

      • Ilma

        Izin juga ya kak untuk tugas

  2. Rafli

    Izin ya ka untuk tugas kuliah ☺

  3. Fathu

    Izin copas kak untuk tugas ,terimakasih 🙂

  4. Judi

    HhCOqJ https://www.genericpharmacydrug.com

  5. ningsi

    izin copy yah…entar sertaiin sumber bacaan diakhir..biar lebih ilmiah…bagus tulisannya…

  6. Palupisekar_

    Kak izin sebagai referensi tugas kuliah ya kak. Terima kasih

  7. Judix

    E5uCAZ http://www.LnAJ7K8QSpfMO2wQ8gO.com

  8. Husnasabila

    Izin copy ya ka buat tugas kuliah 🙂

  9. Rana

    Izin ya kak untuk menulis tugas essay

  10. cocoonad

    izin dijadiin referensi kak buat tugas

  11. Afif Nofrizul

    Izin yaa kak. Buat tugas kuliah hehehe. Terima kasih

  12. Ilma

    Izin ya kak untuk tugas ospek, terima kasih

  13. Ilma

    Izin ya kak untuk tugas

  14. Kinanti

    Haloo ka rizki, sangat membantu makasih ka, oiya ka izin mengutip beberapa kalimat ya ka

  15. Nisrinah Kholda Zumaristy

    mohon maaf kak, izin juga ngecopy buat tugas PBAK hehe

  16. Dara Mustika

    izin cpy ya ka untuk tugas kuliah hehe 😀

  17. rahma

    kak izin copy ya buat tugas ospek hehe

  18. Thoriq

    Izin kak buat tugas kuliah hehe

  19. muzamu

    ijin bosq

  20. Fathia

    izin yaa kak buat tugas😊

  21. dewi

    izin untuk referensi ya kak

  22. Angela

    Izin copy ya kak, utk tugas kuliah. Makasih kak

  23. Nabilla

    Izin ya kak, buat tugas kuliah :))

  24. BayzuriAL

    Izin kak utk tugas kuliah juga

  25. BayzuriAL

    Izin copy edit kak

  26. depri kurnia

    izin buat tugas ospek

  27. depri kurnia

    ijin kak buat tugas ospek

  28. ixecdehux

    http://mewkid.net/buy-xalanta/ – Amoxicillin 500 Mg Amoxicillin 500mg Dosage huf.arce.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.wfe.do http://mewkid.net/buy-xalanta/

  29. usedojoneza

    http://mewkid.net/buy-xalanta/ – Buy Amoxil Online Amoxil Causes Gallstones hnd.lmfs.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.nxi.eb http://mewkid.net/buy-xalanta/

  30. ColletteBig

    Hello. I have checked your telkomuniversity.ac.id and i see you’ve got some duplicate content so probably it is the reason that you don’t rank hi in google.
    But you can fix this issue fast. There is a tool that creates articles
    like human, just search in google: miftolo’s tools

  31. Abdur

    Izin copy ya ka buat tugas kuliah.

  32. afoyidow

    http://mewkid.net/where-is-xena/ – Amoxicillin Buy Amoxicillin Online men.rtbf.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.rkq.dt http://mewkid.net/where-is-xena/

  33. anabasezon

    http://mewkid.net/where-is-xena/ – Amoxicillin Buy Amoxicillin Online syo.ffha.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.onl.me http://mewkid.net/where-is-xena/

  34. ikunuou

    http://mewkid.net/where-is-xena/ – Amoxicillin 500 Mg Buy Amoxil Online ivq.xbkz.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.lnk.mg http://mewkid.net/where-is-xena/

  35. okfildibafy

    http://mewkid.net/where-is-xena/ – Buy Amoxil Online Amoxicillin peq.byry.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.gtr.rf http://mewkid.net/where-is-xena/

  36. shafa

    izin copy ya kak untuk tugas, sumber akan dicantumkan. terimakasih🙏🏼

  37. bayu

    izin copy ya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *