"Spread goodness, Inspiring others. Be a leading future :)"

Peran Mahasiswa dalam Masyarakat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hai pembaca, apa kabar?
Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT ya, Aamiin Yarabbal ‘Alamiin.

Pada minggu sebelumnya, penulis telah menjelaskan tentang Peran Mahasiswa dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Nah pada kesempatan kali ini, penulis akan menyampaikan beberapa hal tentang Peran Mahasiswa dalam Masyarakat.
Ada yang tau apa saja Peran Mahasiswa dalam Masyarakat?

Baik, penulis jelaskan yaa..

14203252_1200103086697575_3756958115893865651_n

Peran Mahasiswa dalam Masyarakat. Dokumentasi pribadi, diambil pada 11 Agustus 2016 pukul 13.30

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Sepanjang sejarah, mahasiswa di berbagai negara mengambil peran penting dalam sejarah suatu negara (Wikipedia, 29 Mei 2017).

Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), di mana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut (Wikipedia, 10 Juni 2017).

Nah, itu tadi adalah penjelasan secara garis besarnya. Lalu apa hubungan diantara keduanya?

Mahasiswa adalah aset utama dari sebuah bangsa yang tidak dipisahkan dalam hal apapun. Mahasiswa merupakan generasi terdidik, diharapkan mempu membuat perubahan yang jauh lebih baik bagi masyarakat luas.  Sehingga perubahan itu dapat benar-benar terjadi, dan mampu dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman lebih dalam tentang Peran Mahasiswa dalam Masyarakat. Antara lain:

  1. Peran Moral, mahasiswa memiliki kesempatan untuk berkarya secara bebas melalui berbagai kegiatan didalam kampusnya masing-masing. Mahasiswa adalah individu yang seharusnya sudah mampu membedakan hal yang baik dan buruk. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut agar mempu memiliki akhlak yang baik dan mampu bertanggung jawab terhadap segala hal yang telah dilakukannya dalam kehidupan masyarakat.
  2. Peran Sosial, mahasiswa memiliki kesempatan untuk terus melatih diri dalam kehidupan sosial agar kelak mereka mampu menjalankan kehidupan bermasyarakat dengan baik. Mahasiswa adalah individu yang seharusnya sudah mampu bersosialilasi dengan baik. Oleh karena itu, segala hal yang dilakukannya diharapkan memberikan dampak positif terhadap segala permasalahan kehidupan sosial dalam masyarakat.
  3. Peran Intelektual, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi diri sesuai dengan kemampuannya. Mahasiswa adalah individu yang sudah seharusnya memiliki tingkat pengetahuan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, mahasiswa dituntut agar mampu memberikan solusi atas banyaknya permasalahan yang terjadi dalam masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan yang telah dipelajarinya.

Masih belum jelas?

Sebagai mahasiswa, mahasiswa memiliki peran yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Ada banyak hal penting yang harus dipahami agar mereka tidak hanya menjadi sekedar mahasiswa biasa, namun dapat menjadi mahasiswa yang luar biasa hebat. Selain peran diatas, mahasiswa juga memiliki peran yang jauh lebih kompleks, antara lain:

  1. Direct of Change, mahasiswa diharapkan mampu menjadi penggerak perubahan yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya melalui pendidikan seperti yang disampaikan oleh Nelson Mandela: “Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia”. Mari kita melihat masalalu, dimana ada begitu banyak aktivis mahasiswa dari seluruh Indonesia yang bersatu untuk menurunkan Presiden Soeharto, dan mereka berhasil melakukannya. Mahasiswa sudah seharusnya dapat berkontribusi secara langsung kepada masyarakat, dengan cara yang benar tentunya. Oleh karena itu, jadilah mahasiswa yang aktif untuk sama-sama membangun negeri menuju kehidupan yang jauh lebih baik.
  2. Agent Of Change, mahasiswa diharapkan mampu menghadirkan perubahan yang lebih baik melalui berbagai penelitiannya sebagai jawaban atas berbagai permasalahan kehidupan masyarakat. Ilmu yang diajarkan tidak boleh hanya sekedar dipelajari saja, namun kembangkan semua itu sebagai kontribusi kepada masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh Anies Rasyid Baswedan, Ph.D., dalam pesan untuk mahasiswa baru “Anda disebut maha atas kesiswaan anda. Anda punya tanggung jawab yang jauh lebih besar dari anak-anak muda lainnya. Di Indonesia ada jutaan anak-anak masuk SD, namun hanya ratusan ribu yang hari ini bisa kuliah. Itu artinya anda berbeda dari yang lain. Anda adalah sekelompok anak-anak muda yang punya kesempatan, untuk maju mengembangkan diri, meraih masa depan, bukan hanya untuk anda sendiri. Namun untuk kemajuan Republik, untuk kemajuan bangsa”.
  3. Iron Stock, mahasiswa diharapkan menjadi sumber semangat untuk menggerakkan seluruh elemen masyarakat dalam membuat perubahan yang lebih baik. Melalui jumlah Sumber Daya Manusia yang banyak, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya berdiam diri hanya untuk melihat permasalahan yang sedang terjadi. Mahasiswa sudah seharusnya kritis dan tanggap terhadap berbagai permasalahan hidup, dan segera bertindak secepat mungkin. Seperti yang diriwayatkan oleh  Abu Na’im: “Pengetahuan yang benar tidak diukur dari seberapa banyak Anda menghafal dan seberapa banyak yang mampu Anda jelaskan, melainkan, pengetahuan yang benar adalah ekspresi kesalehan (melindungi diri dari apa yang Allah larang dan bertindak atas apa yang Allah amanatkan)”.
  4. Moral Force, mahasiswa diharapkan mampu memiliki akhlak yang baik sebagai contoh kepada masyarakat. Sudah seharusnya mahasiswa mampu membedakan yang benar maupun salah melalui ilmu yang telah dipelajarinya. Oleh karena itu, jadilah mahasiswa yang layak ditiru sebagai individu berintelektual dan berakhlakul karimah sebagaimana yang disampaikan oleh Rasullullah SAW: “Jika seseorang bepergian dengan tujuan mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti perjalanan menuju surga”.
  5. Social Control, mahasiswa diharapkan mampu melakukan kontrol sosial secara menyeluruh melalui keterbukaan terhadap masyarakat. Mahasiswa sudah seharusnya mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sekitarnya melalui edukasi yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, jadilah mahasiswa yang mampu berpikir secara kritis, logis dan dinamis dalam mengikuti perkembangan sosial masyarakat serta mampu membuat perubahan. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ali Bin Abi Thalib RA. ”Engkau berpikir tentang dirimu sebagai seonggok materi semata, padahal di dalam dirimu tersimpan kekuatan tak terbatas” .

Bagaimana? Sudah jelas kan 🙂

Nah, sudah disampaikan secara mendalam bahwa mahasiswa memiliki peran yang sangat kompleks. Oleh karena itu jadilah lebih dari sekedar mahasiswa biasa, jadilah mahasiswa yang luar biasa.

Ada sedikit quotes dari penulis nih, semoga menambah semangat kuliahnya ya wkwk.

“Jatuh adalah hal yang biasa, yang luar biasa adalah bangkit dari setiap keterpurukan itu. Milikilah misi, milikilah semangat untuk terus berkarya menghadirkan perubahan yang jauh lebih baik. Karena masa depan adalah milik mereka yang percaya pada setiap keindahan mimpinya. Jadilah pemimpin, yang ikut turun tangan untuk saling menggerakkan. Jadilah sang bintang, yang tidak hanya cerdas akalnya, namun juga mulia aklhaknya. Be a leading future :).”

Semoga bermanfaat.

“Spread goodness, Inspiring others.”

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Bandung, 11 Juni 2017

Penulis

 

Disusun untuk memenuhi tugas Kabinet Muda BEM KEMA Tel-U 2017
Kementrian Pengabdian Masyarakat, BEM KEMA Tel-U 2017

Muhammad Rizki Randy Pratama
S1 Teknik Telekomunikasi 2016
Fakultas Teknik Elektro
Telkom University

 

Jangan lupa tinggalkan komentar ya 🙂

*Diperbolehkan copy dengan seizin penulis terlebih dahulu!*

4 Comments

  1. afewimk

    http://mewkid.net/buy-xalanta/ – Amoxicillin Online Amoxicillin 500 Mg abh.wztu.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.wya.hc http://mewkid.net/buy-xalanta/

  2. uarqibafu

    http://mewkid.net/buy-xalanta/ – Amoxicillin Without Prescription Amoxicillin No Prescription jic.xzwj.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.clv.zx http://mewkid.net/buy-xalanta/

  3. ahojesen

    http://mewkid.net/where-is-xena/ – Buy Amoxicillin Amoxicillin Online vov.lzbo.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.qyn.de http://mewkid.net/where-is-xena/

  4. ejavoqefef

    http://mewkid.net/where-is-xena/ – Amoxicillin Amoxil xeu.garh.rizkirandy.student.telkomuniversity.ac.id.qlm.gj http://mewkid.net/where-is-xena/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *